Pasangan Baper? 4 Cara Menghadapinya

Home Articles Pasangan Baper? 4 Cara Menghadapinya
Share the knowledge!

Siapa yang masih asing dengan istilah “baper”? Jika kamu belum tahu, “baper” merupakan singkatan dari “bawa perasaan”. Kata atau istilah ini biasanya dilontarkan kepada orang yang melankolis atau terlalu sensitif dalam menanggapi suatu hal. Kalau wanita mungkin sudah dibilang drama dan lainnya.

22146076165_77d4c7970b_oBiasanya, baper sering ditujukan pada wanita. Mungkin karena wanita lebih banyak menggunakan emosinya daripada pria. Wanita pun memang dikenal lebih sensitif daripada pria. Nah, tapi bukan berarti pria nggak bisa baper juga dong?

Faktanya, pria juga bisa baper. Sebab mereka juga memiliki perasaan seperti wanita, namun hanya beberapa pria yang benar-benar menunjukkan bahwa dirinya sangat sensitif alias baperan.

Wajar nggak sih ada pria yang baper? Hmm, wajar saja. Seperti menurut psikolog Ayu Dyah Pasha. “Dalam kehidupan, pasti nggak semuanya berjalan baik. Galau atau mellow pasti pernah dirasakan setiap manusia, baik pria maupun wanita,” ujarnya.

Namun, tentunya bukanlah hal yang mudah untuk menghadapi pasangan baper. Daripada selalu salah di matanya, lebih baik coba ikuti tips di bawah ini.

Bersikap Tenang Saat Pasangan Baper

Salah jika kamu menghadapi pasangan baper dengan ikut emosi juga. Sebab dirinya akan semakin baper, dan kalian pun akan bertengkar dengan hebat. Jadi, alangkah lebih baiknya jika kamu mencoba untuk tetap tenang dan menahan emosimu. Ok?

Psikolog Nunki Suwardi mengatakan, “Bersikap tenang dan katakan secara tegas tentang harapan dan keyakinan bahwa dirinya bisa lebih baik.”

Memuji Dirinya

Pria bisa mengalami baper boleh jadi karena merasa nggak baik dengan dirinya sendiri. Misalnya, dia nggak bisa memberi bantuan seperti yang kamu butuhkan. Karena bantuannya terasa nggak berguna, dia pun jadi baper. Dia merasa nggak layak atau kurang baik untuk menjadi pasanganmu.

Jika terlalu lama larut dalam baper, hubungan kamu dan dirinya bisa terancam berakhir. Sebelum telanjur menjadi masalah, segera hilangkan ke-baperannya itu dengan memberikannya pujian. Cobalah memuji dirinya dengan menghargai apa yang telah ia coba lakukan untukmu. Tentunya dibarengi dengan nada positif serta ceria, ya. Setelah mendapatkan pujian darimu, kepercayaan diri pasanganmu bisa perlahan-lahan meningkat kembali.

Menghibur Dirinya

Daripada hanya saling diam saat pasangan baper, lebih baik cobalah menghibur dirinya. Ajak dirinya untuk menonton film kesukaannya, melakukan kegemarannya, atau pergi ke suatu tempat yang membuatnya nyaman. Membiarkannya untuk pergi keluar dan berkumpul bersama teman-temannya juga dapat membantu membuat keadaan hatinya jadi lebih baik. Intinya, lakukan sesuatu yang menyenangkan dan positif.

Mengajaknya Berolahraga

Mengapa harus berolahraga? Sebab menurut beberapa penelitian, olahraga dapat melepaskan hormon stres sehingga seseorang menjadi lebih relaks. Psikolog Ayu Dyah Pasha juga menganjurkan cara tersebut jika pasanganmu sering baper.

“Contohnya, dia suka bersepeda, ajak dirinya untuk melakukan kegiatan itu. Mengajkanya untuk melakukan hal-hal positif akan membuat pasanganmu lupa dengan masalahnya,” imbuh Ayu.

Share the knowledge!