7 Trik Agar Kamu Tidak Mudah Dikecewakan Pasangan

3390320942_d927f883f3_o

Pernahkah kamu mengalami kekecewaan yang sangat besar pada pasangan? Padahal sebelumnya kalian bahagia dan tentram saja, tetapi semakin lama, dia makin mengecewakanmu, seolah-olah dia sudah berubah tidak seperti yang dulu lagi.

Sebenarnya, wajar saja apabila kamu atau pasangan mengalami suatu perubahan dalam hubungan. Namun, apabila kamu sampai mengalami kekecewaan yang hebat karena perubahan tersebut, artinya kamu menaruh ekspektasi dan kebahagiaan dirimu pada pasangan. Sehingga setiap kali pasangan melakukan sesuatu yang tidak sesuai harapanmu, kamu kecewa setengah mati.

Dalam DVD “Confident and Worry-free Relationship”, apabila kamu tidak ingin dikecewakan dan ingin pasangan tetap mencintai, memahami, dan menghormati kamu, kamu wajib melakukan tiga hal tersebut pada diri sendiri. Seperti kata pepatah, treat others as you want to be treated. Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Oleh karena itulah, kamu wajib melakukan 7 hal ini agar bisa memegang kendali penuh dalam hubungan sehingga kamu tidak mudah dikecewakan.

1. Utarakan Keinginanmu Sejelas-jelasnya Pada Pasangan

stocksnap_jnaau88o7nvia Stocksnap

Salah satu penyebab kekecewaan terbesar adalah ketika kamu tidak bisa mengungkapkan kebutuhanmu pada pasangan, dengan harapan dia mau memahamimu begitu saja. That’s not how it works. Tidak ada yang benar-benar tahu perasaan dan kebutuhanmu selain dirimu sendiri. Ingat, pasangan bukan dukun, lho. Maka dari itu, pastikan kamu sudah mengungkapkan sejelas-jelasnya apa yang kamu inginkan dan butuhkan dari pasangan.

2. Jadilah Pasangan yang Lebih Mandiri

stocksnap_517gc19zw8via Stocksnap

Ekspektasi dan menaruh kebahagiaan pada pasangan dapat mengakibatkan kamu bergantung pada pasangan secara emosional. Jika sudah bergantung, kamu tidak akan bisa melakukan apa pun tanpa kehadiran pasangan. Makanya, menjaga kemandirian meski sudah punya pasangan sangatlah penting. Bukannya kamu tidak butuh pasangan sama sekali, tetapi kamu membuktikan padanya kamu tetaplah pribadi yang utuh dan bertanggungjawab atas diri sendiri. Pasangan akan mengagumi kamu karenanya, dan kamu akan bebas dari kekangan emosional yang menyiksa batin kamu.

3. Membuat Batasan Diri dan Berani Menegaskannya Pada Pasangan

stocksnap_tht9yt52zvvia Stocksnap

Setiap orang punya aturan main dan batasan sosialnya masing-masing. Sudahkah kamu membuatnya? Apabila belum, terang saja pasangan merasa bebas mengecewakanmu, karena setiap kali kamu dibuat tidak nyaman, kamu tidak berani menegaskannya pada pasangan. Cobalah introspeksi diri sejenak, secinta-cintanya kamu terhadap pasangan, pasti ada sesuatu yang tidak bisa kamu toleransi dan perlakuan yang tidak akan kamu terima dari pasangan.

Content continue below...

4. Perlakukan Orang Lain Sebagaimana Kamu Ingin Diperlakukan

stocksnap_1ebzqbduvqvia Stocksnap

Sebelum kamu bisa memahami, mencintai, menghargai dan menerima pasangan, pasti kamu ingin pasangan menerima, menghargai, mencintai, dan memahami kamu terlebih dulu, bukan? Agar kamu bisa mempraktikkan poin ini dengan baik, kamu harus bisa memahami, mencintai, menghargai dan menerima diri sendiri dulu seutuhnya sebelum kamu melakukannya pada pasangan. Semua kebaikanmu pada pasangan akan sia-sia kalau kamu masih belum memberi kebaikan yang sama pada diri sendiri.

5. Jadilah Orang Berintegritas yang Ucapannya Bisa Dipercaya

Dikecewakanvia Stocksnap

Kamu boleh saja memberi banyak janji manis pada pasangan, tetapi jika kamu tidak bisa menepatinya, pasangan akan kehilangan seluruh rasa hormat dan kepercayaannya padamu. Seperti yang diungkapkan poin sebelumnya, jika kamu ingin pasangan menjaga kepercayaanmu, kamu juga harus menjaga kepercayaannya. Kamu tidak boleh melanggar kesepakatan dan kepercayaan yang sudah dibentuk hanya karena merasa dikecewakan oleh pasangan. Tandanya kamu belum pantas menjalani hubungan.

6. Jangan Bertahan Dalam Hubungan yang Terus Mengecewakanmu

Dikecewakanvia Stocksnap

Salah satu tanda orang insecure adalah dia tetap bertahan atau memilih hubungan yang tidak sesuai keinginannya karena dia tidak yakin bisa mendapatkan yang terbaik. Sudah tahu kamu dikecewakan berkali-kali, kenapa kamu tetap diam saja? Kamu memang tidak bisa mengendalikan sikap pasangan, tetapi kamu selalu punya kendali untuk bersikap tegas apabil tindakan pasangan menyalahi batasanmu.

7. Dan yang Terpenting, Hormati Diri Kamu Sendiri

Dikecewakanvia Stocksnap

Ketika kamu memutuskan untuk memiliki pasangan karena tidak mau dikecewakan lagi, tidak mau kesepian, dan alasan menyedihkan lainnya, sudah bisa dipastikan hubungan kamu akan berakhir mengecewakan nantinya. Ini dikarenakan kamu tidak punya rasa hormat terhadap diri sendiri. Bagaimana kamu memandang dan memperlakukan diri sendiri? Apakah kamu sudah memiliki kendali penuh terhadap diri kamu? Dengan kepercayaan diri dan self-respect yang sehat, secara otomatis kamu menegaskan pada siapa saja bahwa kamu tidak terima diperlakukan dengan buruk atau di bawah standarmu.

Share Your Thoughts