Masih Suka Baper Sama Hubungan Masa Lalu Kamu? Buruan Move On dengan 10 Cara Ini!

sunglasses-love-woman-flowers

Sudah lama putus, tetapi masih teringat mantan terus. Hubungan sudah lama berakhir, tetapi kenangannya masih bikin dada sesak dan kamu gampang baper. Yap, itu tanda-tanda kamu masih susah buat move on, Ladies.

Susah move on bukanlah sesuatu yang bisa ditertawakan. Kalau mantan kamu memang baik dan kamu terpaksa putus dengannya, pasti mengecewakan sekali. Namun, kamu tetap harus belajar dan kembali bangkit dari kegagalan. Kamu pasti bisa mendapatkan yang lebih baik, kok.

Kesulitan move on bisa disebabkan oleh beberapa hal yang hanya diketahui oleh kamu seorang. Saking sulitnya, kamu sampai tidak bisa kembali kencan dan berhubungan dengan orang baru karena bayang-bayang mantan masih menghantui dari sikap, kekurangan, atau minat gebetan baru kamu yang mirip sekali dengan mantan. Nah, biar kamu tidak baper karena dihantui oleh bayangan mantan lagi, berikut ini 10 cara efektif untuk perlahan bangkit dan move on, Ladies.

1. Daripada Menangis Terus Karena Tidak Bisa Mengubah Masa Lalu, Lebih Baik Mengambil Hikmah Darinya

person-holiday-vacation-womanvia Pexels

Easier said than done, Ladies. Tetapi, daripada meratapi diri karena masa lalu, lebih baik kamu belajar darinya. Bersikaplah introspektif dengan mengambil beberapa sisi negatif yang membuatmu bersyukur kamu bisa putus dengan mantan. Mungkin dulu mantanmu posesif, cemburuan, atau bawel? Sekarang kamu tidak perlu repot-repot menghadapi sifatnya itu lagi. Setelah kamu mengetahui apa yang kamu tidak suka dari mantan, pasti proses move on kamu terasa lebih mudah.

2. Daripada Berpikir Keras Kesalahan Apa yang Kamu Lakukan yang Bikin Kalian Putus, Lebih Baik Ikhlaskan Saja Semuanya

young-woman-fall-autumn-vintage-37529via Pexels

Biasanya, orang yang susah move on, cenderung berpikir, “Aku salah apa sih sampai dia mutusin aku?” atau “Kok dia mutusin aku begitu saja, sih?” dan masih banyak lagi. Sekarang, lupakan semua pikiran tidak berguna itu. Kamu tidak akan bisa mengubah masa lalu yang sudah terjadi. Meskipun menurut kamu putusnya hubungan kalian karena kesalahanmu, kamu tidak akan bisa melakukan apa-apa untuk mengubahnya, bukan? Just let it go. Lebih baik isi pikiran kamu dengan hal-hal yang lebih berguna dan lebih seru yang ada di hadapan kamu saat ini.

3. Sadari Bahwa Tidak Ada yang Abadi, Termasuk Hubunganmu Dengan Mantan. Terkadang, Seseorang Hadir Hanya Untuk Memberimu Pelajaran Agar Kamu Bisa Berkembang

sea-beach-holiday-vacationvia Pexels

Mungkin kamu sulit move on karena kamu tidak pernah ingin hubungan kalian berakhir. Sekarang kamu sudah sadar bahwa tidak ada yang abadi—termasuk hubungan kamu dengan mantan. Mungkin si dia hanya hadir dalam hidupmu untuk menjadi pelajaran berharga bagimu. Dan ketika kamu sudah dianggap selesai belajar, cepat atau lambat kamu akan disiapkan untuk mendapatkan hal yang lebih baik daripada mantan kamu.

4. Biarkan Dirimu Bersedih. Menangislah Atau Marahlah Sepuasnya, Jangan Ditahan-Tahan Lagi Sampai Kamu Puas

nature-sunset-person-woman (2)via Pexels

Kamu sulit move on karena kamu belum membiarkan dirimu merasakan semua kekesalan, kesedihan, dan sakit hati yang kamu rasakan. Bersikaplah emosional. Menangislah seharian, marahlah sepuasnya, keluarkan semua uneg-uneg kamu sampai kamu lega. Your emotions are there because they’re meant to be felt and dealt with, Ladies.

5. Tingkatkan Lagi Self-Esteem Kamu Pasca Putus. Bangkitkan Lagi Kepercayaan Dirimu dan Buatlah Dirimu Bersinar Kembali

youth-active-jump-happy-40815via Pexels

Content continue below...

Pasca putus, kamu pasti merasa insecure, kurang percaya diri, dan sulit untuk bangkit. Nah, saatnya untuk kembali membangun self-esteem kamu. Percayalah hanya karena hubunganmu gagal, bukan berarti kamu wanita gagal. Manjakan diri dengan ke salon atau belanja, berkumpul dengan teman-teman, pokoknya lakukan apapun yang membuatmu merasa kembali cantik, seksi, dan menarik lagi.

6. Haram Hukumnya Buat Menghubungi Mantan Sebelum Kamu Benar-Benar Move On Sepenuhnya

pexels-photo-29781via Pexels

Hapus kontak mantan dari ponsel kamu. Delete, remove, blok mantan di media sosial agar hidup kamu tenang. Jangan sok-sok peduli atau menjaga silaturahmi dengan menanyakan kabar mantan kalau kamu masih baper dan tidak rela saat tahu dia dekat dengan orang lain. Setelah kontak mantan kamu hapus, pasti pikiran kamu tentang dia berkurang jauh. Lebih baik jaga jarak aman sebelum kamu siap bersilaturahmi lagi dengan mantan.

7. Mantan Sudah Move On dan Punya Pacar Baru? Mulailah Belajar Menerima Kenyataan Agar Usaha Move On Kamu Terasa Lebih Mudah

pexels-photo-58592via Pexels

Memang, itu menyakitkan dan susah untuk dilalui, tetapi bukan berarti kamu tidak berdaya. Terima saja kenyataan bahwa mantan memang sudah menjadi bagian dari masa lalu kamu. Apapun yang terjadi tidak akan membawa pengaruh apapun padamu dan masa depanmu kecuali kalau kamu membiarkannya. Belajar menerima adalah kunci kebahagiaan dan kebebasan diri.

8. Lupakan Segala Ekspektasi Kamu Tentang Mantan yang Bikin Kamu Sulit Memulai Hubungan Baru

pexels-photo-103127 (1)via Pexels

Susah move on juga bisa disebabkan karena kamu membuat ekspektasi bahwa mantanmu adalah pasangan yang paling sempurna dan kamu tidak akan bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik daripada dia. Bagaimana kamu bisa move on kalau kamu masih berpikiran begitu? Mungkin sebenarnya kamu hanya merindukan EKSPEKTASI kamu tentang mantan, bukan orangnya yang sebenarnya. Lebih baik kamu berhenti delusional dan kembali lagi ke kenyataan.

9. Ingat-Ingat, Semua Orang Berbeda. Jangan Membanding-bandingkan Gebetan Baru dengan Mantan Kamu yang Dulu

pexels-photo (25)via Pexels

Percuma saja kamu kencan sana-sini dengan gebetan baru kalau kamu masih membandingkan mereka dengan mantanmu. Ingat-ingat, mereka adalah orang yang jauh berbeda dengan mantan. Hanya karena gebetan dan mantan punya selera musik/kuliner/film yang sama tidak berarti itu pertanda kamu harus balikan lagi sama mantan.

10. Bangun Citra Positif Untuk Diri Kamu Sendiri dan Masa Depan Kamu yang Lebih Baik

pexels-photo-70178via Pexels

Siapa lagi yang bisa membangun pikiran dan masa depan positif selain kamu sendiri? Sekarang kamu berjuang untuk menjadi lebih baik, makanya kamu harus bisa bersikap positif terhadap dirimu sendiri. Hargai dirimu sendiri karena mencoba untuk move on, dan optimis kamu akan segera merasa lebih baik sesegera mungkin. Lakukan hal-hal positif yang membuatmu kembali bahagia dan utuh ya, Ladies!

Share Your Thoughts