Home » LDR

9 Checklist yang Harus Kamu Lakukan Bersama Pasangan Supaya Bisa Survive LDR

visionary-media-productions-273815

Dia pasangan sempurna kamu, tetapi dia terpaksa harus tinggal jauh darimu. Kamu sempat pesimis. Berhubungan jarak dekat saja sudah susah, apalagi LDR? Pasti kamu harus berusaha dua kali lebih keras agar hubungan tetap lancar.

Banyak artikel yang berkata LDR sering kali gagal. Banyak juga artikel tentang LDR yang memberikan saran-saran berlebihan dan memberatkan kamu. Tetapi, kamu tidak perlu bersusahpayah ke luar kota untuk mengejutkan pasangan, kamu tidak perlu capek-capek berkomunikasi 24 jam sehari, kamu tidak perlu video call kalau tidak bisa. Cukup lakukan checklist 9 hal ini agar kalian tetap survive LDR.

1. Kemampuan Berkomunikasi yang Cerdas

pexels-photo-289704via Pexels

Komunikasi amat sangat penting untuk pasangan LDR. Tetapi, tidak semua pasangan suka video call atau sanggup mengobrol seharian. Artinya, kamu dan pasangan harus bisa mencari cara komunikasi yang paling nyaman untuk kalian. Kalian bisa bertukar meme yang tersebar di internet, mengirim Snapchat, saling memberi kabar meski hanya beberapa menit, dan masih banyak lagi. Cari terus varian komunikasi agar kalian tidak jenuh.

2. Memiliki Kehidupan Masing-Masing yang Memuaskan

stocksnap_235zpwf6wzvia Stocksnap

Jangan merasa bersalah untuk memiliki kehidupan sendiri meski saat ini kamu dan pasangan sedang dipisahkan oleh jarak. Tetap bekerja atau kuliah seperti biasanya, nongkrong bersama teman-teman secara rutin, dan bersenang-senang tanpa pasangan sama sekali tidak salah, kok. Doronglah pasangan untuk melakukan hal sama. Dengan begitu, kalian bisa memiliki banyak kisah baru untuk diceritakan saat berkomunikasi nanti.

3. Jangan Terlalu Memaksakan Diri Merancang Quality Time Bersama Pasangan

pexels-photo-235416via Pexels

Akhirnya, kalian bertemu lagi. Namun, kalian bingung ingin melakukan hal romantis seperti apa, padahal kalian jarang bertemu. Tidak usah khawatir. Lakukan saja selayaknya kalian bukan pasangan LDR. Kalau kalian hanya ingin malas-malasan di rumah, lakukanlah. Quality time adalah saat kamu dan pasangan menikmati kehadiran satu sama lain, bukannya stres merancang acara kencan yang sempurna.

4. Selalu Perhatikan Hal-Hal Kecil dari Pasangan

pexels-photo-136411via Pexels

Tanyakan pasangan bunga apa yang dia sukai, cari tahu nama parfum favoritnya, tanyakan dia apa yang dia suka lakukan saat stres atau bosan. Lalu, saat pasanganmu mengeluh dia sedang stres atau mengalami hari buruk, kamu kirimkan bunga favoritnya atau mengirimkan paket berisi hal-hal kesukaannya yang sudah pasti bisa menaikkan mood pasangan. Terkadang perhatian tidak harus ditunjukkan melalui sentuhan atau kehadiran, tetapi cukup mencari tahu apa saja yang bisa membuat pasangan bahagia.

5. Jangan Pernah Berpikiran Negatif dan Berasumsi Buruk Pada Pasangan

stocksnap_xq16qtop9yvia Stocksnap

Kamu dan pasangan sudah tahu LDR itu sulit, jangan makin mempersulitnya lagi dengan drama, kode-kodean, dan berharap pasangan bisa membaca pikiran kamu. Pasangan cerdas tidak akan pernah berpikiran negatif atau berasumsi buruk tentang satu sama lain. Selalu komunikasikan sejelas-jelasnya apa yang kamu butuhkan dan apa yang mengusikmu pada pasangan.

Content continue below...

6. Kamu dan Pasangan Tidak Harus Menyamakan Diri dengan Pasangan Lain

pexels-photo-160097via Pexels

Pasangan lain sudah memiliki banyak sekali kenangan manis, sudah ada yang tunangan bahkan menikah. Tetapi, kalian masih saja LDR. Tenang saja, kalian tidak harus buru-buru. Setiap waktu yang kalian miliki sangatlah berharga, nikmatilah dengan rasa syukur. Jangan sampai hubungan hancur karena pengaruh dari orang lain.

7. Anggaplah Mengunjungi Kota Pasangan Sebagai Liburan Sesaat

pexels-photo-257837via Pexels

Sebelum kamu berkunjung ke kota tempat pasanganmu tinggal, buatlah rencana atau to-do-list berisi tempat-tempat yang wajib dikunjungi atau apa saja yang wajib kamu lakukan di sana bersama pasangan. Mintalah pasangan menjadi pemandu tur kamu. Walaupun dia tidak tahu apa-apa tentang kota yang dia tinggali, kalian tetap bisa mengeksplor hal baru bersama-sama, bukan?

8. Ingat, Pasangan Memiliki Rutinitas yang Berbeda Denganmu

girl-summer-dress-prettyvia Pexels

Hal ini bisa menjadi krusial, terutama buat kamu yang beda zona waktu dengan pasangan. Misalnya, kamu tidur jam 9 malam, tetapi di sana pasangan masih bekerja. Atau pasangan memiliki jam kerja yang lebih pendek daripada jam kerjamu. Apapun itu, selalu sesuaikan jadwal kalian agar kalian punya waktu untuk mengobrol dan memberi kabar. Sebisa mungkin, saat kamu senggang, kirimkan chat, foto, atau video untuk tetap update kabar kamu.

9. Kamu dan Pasangan Harus Menjadi Cerdas Agar Survive LDR

pexels-photo-289701via Pexels

Ada yang bilang, LDR tidak cocok untuk semua pasangan. Itu benar. LDR hanya cocok untuk pasangan cerdas dan pasangan yang sama-sama mau usaha.

Semua checklist di atas membutuhkan respek, kedewasaan, dedikasi serta usaha yang seimbang dari kamu dan pasangan.

Semua hubungan memiliki kesulitan dan rintangan, semuanya tergantung usaha dari kamu dan pasangan dalam menyikapinya. Usaha apa saja yang sudah kamu lakukan selama ini untuk pasangan LDR kamu?

Share Your Thoughts