7 Alasan Kamu Tetap Menjomblo Saat Semua Temanmu Sudah Menikah

Jomblo Kelas Cinta

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan kamu akan bertemu jodohmu, dan ketidakpastian tersebut membuatmu kesal. Apalagi kalau kelihatannya hampir semua temanmu sudah bertemu jodoh mereka satu per satu dan kamu masih saja jomblo!

Bagaimana kalau kamu sudah bertemu jodohmu, tetapi terlewat karena kamu masih punya banyak kekurangan? Mungkin juga kamu ditakdirkan untuk tetap single selamanya seperti kutukan. Jika kamu memang akan menikah suatu hari nanti, siapa jodohmu? Di mana kalian akan bertemu? Kamu mungkin rela melakukan apa saja demi menjawab pertanyaan tersebut.

Banyak sekali faktor yang menentukan kualitas jodohmu. Hanya saja, waktunya masih belum tepat buatmu bertemu dengannya. Kenapa bisa begitu? Karena kamu masih punya banyak kesibukan dan pembentukan diri untuk menjadi dirimu yang terbaik. Berikut ini adalah faktor yang bisa memperpanjang status jomblo kamu, meski kamu merasa sudah sangat siap untuk menikah!

1. Kamu Masih Mempelajari Dirimu Sendiri

StockSnap_NE9TIO6M9Lvia Stocksnap

Alasan untuk tetap jomblo tidak selamanya buruk, kok. Terkadang kamu masih sangat nyaman dengan kesendirianmu sehingga belum siap menerima siapa pun untuk jadi pasanganmu. Saat ini kamu masih dalam proses pengembangan diri. Baik masih menyelesaikan kuliah, memulai bisnis baru, mempelajari ilmu dan wawasan baru, traveling keliling Indonesia bahkan dunia, dan masih banyak lagi!

Kamu tidak akan pernah tahu ke mana semua pengalaman itu akan membawamu. So you just decided to let it flow and enjoy the ride.

2. Kamu Masih Terlalu Sibuk Mencari Jodoh Daripada Sibuk Upgrade Diri

StockSnap_EMSWQ75EHRvia Stocksnap

Seperti kata orang-orang, kalau jodoh semakin dicari, makin susah juga ditemukan! Jangan sampai kamu melakukan semua kegiatanmu demi mencari jodoh semata. Lakukanlah dengan tujuan untuk upgrade diri, mengembangkan minat kamu, dan memperluas pergaulan. Temukan dulu rasa keberhargaan diri terlebih dahulu, setelah itu jodoh akan datang padamu tanpa harus dicari lagi.

3. Kamu Masih Berharap Jodohmu Akan Datang Untuk Menolongmu

StockSnap_9ECVSHFVSFvia Stocksnap

Ada lho, orang yang menikah karena ingin lepas dari masalah yang membelit mereka. Biasanya, mereka justru tidak bahagia dengan pernikahannya sendiri. You’ve got to be your own hero, karena pada saat paling sulit, tidak ada yang bisa menolong kamu kecuali dirimu sendiri. Tanyakan pada dirimu kenapa kamu masih insecure dan perbaiki dirimu. Kalau kamu memaksakan diri punya pasangan saat masih insecure, kamu hanya bertemu pasangan-pasangan lossy yang makin merusak hidupmu!

Content continue below...

4. Kamu Masih Malas Melakukan Perubahan Baru Dalam Hidupmu

StockSnap_L1IARTVGHEvia Stocksnap

Di mana pun kamu berada dan apapun kondisi hidupmu saat ini, pasti ada saatnya kamu menemui kegagalan, kebuntuan, dan kejenuhan yang mengharuskanmu melakukan gebrakan baru dalam hidup. Beranikah kamu melakukannya? Jika kamu tidak bisa keluar dari zona nyaman dan malas memperluas kapasitas dirimu, kamu akan terus bertemu hambatan yang sama setiap saat.

5. Kamu Masih Mengubah Dirimu Menjadi Sosok Idaman Gebetan

StockSnap_RDRU68LV0Cvia Stocksnap

Tidak ada salahnya kompromi sedikit demi menyenangkan gebetan, tetapi kalau kamu sampai mengubah diri dan kepribadianmu, tandanya kamu belum nyaman dan sayang diri sendiri. Jodoh sejatimu adalah orang yang menyayangi versi terbaik dan terburuk diri kamu. Kalau kamu masih belum nyaman jadi diri sendiri, bagaimana bisa jodohmu menyayangi kamu seutuhnya?

6. Kamu Masih Mencari Pasangan Untuk Pelarian

StockSnap_3ME8V8F8LRvia Stocksnap

Mungkin kamu baru saja putus dari mantan, atau pekerjaanmu kurang memuaskan, atau kamu belum menemukan minat dan ketertarikanmu. Jika kamu masih mencari pasangan untuk melupakan kesengsaraanmu, jelas-jelas kamu tidak siap bertemu jodohmu. Selesaikan dulu masalah yang ada di hadapanmu, barulah kamu mencari jodoh.

7. Kamu Masih Belum Bisa Mengakui Kekuranganmu

StockSnap_MBTUNOZC4Tvia Stocksnap

Apakah kamu kesulitan mengakui kesalahan dan selalu menyangkal saat orang lain menunjukkannya? Apakah kamu masih sering gengsi meminta maaf saat melakukan kesalahan? Kalau kamu masih belum sanggup melakukan keduanya, kamu tidak akan pernah punya relationship yang stabil!

Makanya, sebisa mungkin manfaatkan masa jomblo kamu untuk mempelajari dirimu seutuhnya. Perbaiki kekuranganmu, asah kemampuan dan kelebihanmu. Pasangan terbaik membutuhkan diri kamu yang terbaik. Jangan sampai kamu kecewakan jodohmu di masa depan!

Share Your Thoughts