21 Cara Menjadi Lovable Lady yang Elegan dan Perkasa di Hari Kartini! (1)

Hari Kartini Kelas Cinta

Selamat Hari Kartini, Ladies! Pada hari inilah seluruh wanita Indonesia betul-betul sadar akan keanggunan serta keperkasaan mereka sebagai wanita. Namun, sering kali wanita menyalahartikan bahwa menjadi wanita yang lovable harus cantik seperti model atau menyiksa diri sendiri dengan melakukan sesuatu yang tidak nyaman untuknya agar dianggap menarik.

Lalu, kira-kira seperti apa cara menjadi seorang Lovable Lady yang elegan dan perkasa pada Hari Kartini ini? Berikut ini adalah 21 caranya!

1. Belajar Menggunakan Kata “Tidak” Lebih Sering

alma-black-203035via Unsplash

Rasanya sulit sekali menolak permintaan seseorang, terlebih jika kamu ingin menyenangkan orang lain. Namun, menyanggupi permintaan orang lain saat kamu merasa tidak ikhlas juga bisa merugikan mereka, lho. Jika kamu lebih sering memprioritaskan orang lain ketimbang diri sendiri, kamu akan menyiksa diri sendiri dan menderita.

Meski begitu, selalu perhatikan nada bicara kamu saat melakukan penolakan, ya! Lakukan penolakan secara halus tetapi juga tegas agar kamu tidak perlu menyinggung perasaan orang lain.

2. Perbanyak Membaca Untuk Menambah Wawasan

StockSnap_ZV7Z7MG09Vvia Stocksnap

Walaupun kamu wanita kutu buku, pasti ada saatnya kamu sulit menemukan waktu tepat untuk membaca di sela-sela kesibukan. Meski begitu, ada banyak sekali manfaat membaca yang bisa kamu dapatkan. Membaca dapat membantu kamu memacu memori, memompa kreativitas, mengurangi stres, bahkan meningkatkan kualitas kamu sebagai pasangan!

3. Menjadi Model di Media Sosial Kamu Sendiri

enara-agirrezabala-202870via Unsplash

Menjadi model amatiran dapat menambah kepercayaan diri kamu, Ladies! Ada banyak sekali cara untuk melakukannya. Apabila kamu punya teman fotografer, kamu bisa menawarkan dia kerja sama memotret untuk promosi hasil karya dia di media sosial. Manfaatkan media sosial kamu sebagai sarana mengekspresikan diri yang sehat dengan hasil karya kamu yang elegan!

4. Mengikuti Kursus Bela Diri

StockSnap_F5K7EFVE4Yvia Stocksnap

Selain berguna untuk kesehatan, mengikuti kursus bela diri juga meningkatkan kepercayaan diri, kewaspadaan, menumbuhkan kedisiplinan diri, serta menjaga keseimbangan tubuh kamu. Kamu akan berubah menjadi wanita yang tidak hanya cantik, tetapi juga powerful. Nilai plusnya, kamu juga lebih tangguh dan tidak mudah lengah saat menghadapi orang jahat.

5. Berhenti Meminta Maaf Atas Sesuatu yang Bukan Kesalahanmu

gabriela-gioia-226490via Unsplash

Hari Kartini adalah hari yang tepat untuk bersikap teguh pada pendirian kamu tanpa perlu meminta maaf dan approval dari orang lain. Meminta maaf dapat menjadi kebiasaan buruk. Bukannya kamu tidak boleh meminta maaf, tetapi kamu harus bisa membedakan alasanmu meminta maaf, apakah karena kamu melakukan kesalahan atau karena sesuatu yang berada di luar kendali kamu? Kamu harus belajar membedakan kedua situasi tersebut.

Content continue below...

6. Membuat Target Kecil yang Realistis Untuk Diri Sendiri

jimmy-bay-203704via Unsplash

Kunci untuk mengubah hidupmu agar menjadi lebih baik secara drastis adalah melakukan perubahan-perubahan kecil pada diri sendiri. Baik menyelesaikan satu buku setiap bulan, mengonsumsi lebih banyak air mineral, berolahraga setengah jam di gym beberapa minggu sekali, dan lain sebagainya. Kalau kamu sanggup menjalani target yang kamu buat secara konsisten, perubahan besar akan menanti kamu dalam waktu dekat!

7. Meditasi

StockSnap_2URCLCAQRRvia Stocksnap

Meditasi atau melakukan kegiatan ibadah bisa menjadi cara untuk meraih ketenangan secara fisik dan mental. Bermeditasi berguna untuk kesehatan karena dapat meningkatkan fungsi imun tubuh. Secara mental, tingkat empati kamu juga berkembang pesat berkat meditasi serta mengusir gangguan cemas dan meningkatkan toleransi tubuh kamu terhadap rasa sakit!

8. Mengonsumsi Makanan Lebih Bergizi

StockSnap_UPP184BRLNvia Stocksnap

Bukannya kamu harus diet ketat dan melupakan junk food kesukaan kamu, tetapi jangan lupakan makanan sehat lainnya! Mengonsumsi makanan bergizi seperti gandum utuh, serat, vitamin, protein sehat, dan air mineral yang cukup secara teratur dapat membantu tubuh kamu bekerja lebih baik. Suasana hati kamu juga lebih mudah tenang dan tidak gampang emosian!

9. Membuat Mantra Untuk Diri Sendiri yang Bisa Kamu Ucapkan Setiap Hari

jimmy-bay-195708via Unsplash

Membuat masukan-masukan positif untuk diri sendiri pada Hari Kartini sangatlah membantu kamu untuk memulai segala kegiatan. Kata-kata seperti, “Aku pasti bisa!” atau “I’m awesome!” atau “Aku pasti berhasil!” bisa menjadi sugesti yang mengantarkanmu ke kesuksesan.

Memiliki mantra-mantra seperti ini bisa menenangkan perasaanmu sekaligus memotivasimu untuk melakukan apapun yang membuatmu lebih perkasa. Mantra kamu juga mencegahmu untuk tidak terjebak kepanikan diri.

10. Perbanyak Kegiatan Sendiri yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Harinya

vinicius-amano-226416via Unsplash

Banyak wanita yang merasa keberatan melakukan kegiatan sendiri karena takut kesepian. Meskipun waktu bersosialisasi bersama pasangan dan teman sangatlah penting, waktu sendiri juga tidak kalah bermanfaat! Baik merencanakan travelling sendirian, nonton bioskop tanpa pasangan, atau mencoba kafe baru tanpa kehadiran teman, jangan sampai kamu kalah dengan rasa takutmu, Ladies!

Share Your Thoughts