Bahan Makanan Sehat Untuk Kesehatan Rahim

mise-en-place-ingredients

Ladies, wanita mana yang tidak mau memiliki rahim yang sehat? Tidak ada, bukan? Baik untuk kamu yang ingin memiliki anak di masa depan atau hanya sekadar menjaga kesehatan, memiliki rahim sehat sangatlah penting untuk wanita.

42dec2b605fc5677_481914425.xxxlarge_2xSelain untuk kebutuhan di masa depan, menjaga menu makanan sehat dapat membantu kamu melalui siklus haid kamu setiap bulannya tanpa gangguan PMS yang menyebalkan. Berikut ini adalah daftar kandungan dan zat gizi yang kamu perlukan untuk kesehatan rahim, serta bahan makanan yang mengandung gizi-gizi tersebut.

Zat Besi

Zat besi memiliki kaitan erat dengan kesehatan rahim. Telah dibuktikan melalui penelitian kepada wanita sebanyak 18.500 orang, wanita yang asupan zat besinya tinggi dapat terhindar dari kemungkinan penyakit pada rahim sebesar 40%. Banyak sekali bahan makanan dengan zat besi yang dapat kamu temukan. Misalnya, daging merah seperti daging sapi atau kambing, daging ayam, dan ikan. Kalau kamu tidak suka daging, kamu bisa mengonsumsi zat besi dari tahu, bayam, dan kacang-kacangan.

Vitamin B12

Ternyata, vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan rahim. Kurangnya vitamin B12 dalam tubuh dapat mengakibatkan kelainan sel rahim, seperti sulit melepaskan telur dari indung rahim yang mengakibatkan telatnya haid setiap bulan. Kamu dapat mengonsumsi vitamin B12 dari telur, ikan, daging ayam, dan produk yang mengandung susu.

Content continue below...

Omega 3

Ingin siklus haidmu teratur? Rajin-rajinlah mengonsumsi omega 3. Omega 3 berfungsi mengatur siklus haid secara teratur dan menyeimbangkan tingkat hormon tubuh yang berguna untuk ovulasi rahim. Wanita hamil juga sangat disarankan mengonsumsi omega 3 agar janinnya memiliki sistem saraf yang kuat dan mengurangi risiko kelahiran. Produk ikan seperti sarden, teri, tuna, salmon, dan ikan lainnya memiliki kandungan omega 3 tinggi. Tidak suka ikan? Kamu bisa mendapat asupan omega 3 dari suplemen.

Kalsium dan Magnesium

Kalau kamu tidak mau kena kram perut saat haid, konsumsilah kalsium. Kalsium tidak hanya didapatkan dari produk susu, tetapi juga dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. Akan lebih baik lagi jika kamu mengonsumsi kalsium bersama magnesium. Kamu dapat menemukan magnesium pada bayam, kacang-kacangan, dan gandum utuh.

Share Your Thoughts