Melepaskan Diri dari Hubungan Toxic dengan Vampir Energi

jules-d-rrX4SWCyJQ8-unsplash

Nampaknya makin banyak wanita yang menyatakan pernah, bahkan sedang, mengenyam hubungan beracun dengan pria yang bak monster. Menjadi pertanyaan apakah pria semakin hari semakin tak keruan, ataukah wanita semakin hari semakin berwawasan sehingga sadar tanda-tanda toxic relationship.

Banyak hubungan romansa dijalani di atas basis keinginan pamer atau sejenisnya. Memiliki pasangan dijadikan alat validasi dalam masyarakat. Anda bisa coba memahami bahwa dalam dinamika seperti ini, mudah saja jadian dengan orang yang egois. Tapi bagaimana jika Anda terjebak dengan pasangan yang sangat egois sampai pada titik beracun?

Ada beberapa individu unik di dunia ini yang khusus mencari pasangan dengan tujuan sangat spesifik, yaitu menaikkan ego diri yang kelewat rapuh dengan cara menghancurkan spirit pasangannya.

K-Drama much? Not so fast. You’re dealing with a narcissist. And it’s very real.

Mereka adalah pria (maupun perempuan) menawan yang terlihat mudah didekati dan penasaran dengan Anda di permukaan. Mereka juga mudah menyapu hati Anda dengan cerita haru-biru perjalanan hidup mereka. Dalam kisah itu, mereka memosisikan diri sebagai korban yang malang, susah, dan sedih, Namun, semua adalah trik untuk membuat Anda  ketagihan dengan ilusi bahwa Anda bisa lebih baik dari ‘karakter-karakter penjahat’ dalam hidup mereka.

Baca juga:
Pria Brengsek Seperti Dilan Cocok Dijadikan Pasangan?

Perlu kecerdasan untuk menyadari bahwa aktor-aktor sinting ini tak ingin lebih dari sebuah permainan mental. Perlu keberanian untuk mengakui bahwa Anda telah cukup naif untuk terjerumus dalam hipnotis mereka. Lupakan Prince Charming, orang yang Anda hadapi hanyalah energy vampire. Dan Anda telah mereka nobatkan sebagai makanan utama.

Skenario paling umum adalah di mana Anda jadi berusaha setengah mati (literally) membuktikan Anda manusia terbaik yang pernah mereka temui. Segala sesuatunya Anda lakukan untuk membuat mereka ‘bahagia’, tapi entah bagaimana Anda tidak pernah ‘berusaha cukup’ di mata mereka. And they REALLY let you know that. Dengan berbagai dampratan verbal yang menyiksa batin, sampai skala ekstrim bentuk kekerasan fisik.

Perlahan, Anda jadi mulai kehilangan kewarasan dan secara konstan mempertanyakan apa kesalahan Anda. Anda mengadu ke teman baik ataupun keluarga, tapi tak seorang pun percaya bahwa hal semacam itu bisa terjadi di dunia nyata. Katanya Anda membesar-besarkan masalah dan lebay. Tak jarang bahkan mereka membela pasangan Anda dikarenakan betapa cakapnya ia dalam berakting baik-baik di muka publik.

Perhatikan ini.

Orang narsis, dalam bahasa para psikolog adalah Narcissistic Personality Disorder atau NPD singkatannya. Dalam artikel ini saya hanya berasumsi Anda cukup tahu tentang apa itu. Baik dari pengalaman pribadi Anda sendiri, atau mungkin seseorang yang Anda kenal.

Orang narsis bukan pria dan wanita yang secara sehat sangat percaya diri dengan kemampuan maupun personalitasnya. Narsisme secara psikologi medis adalah the complete opposite of confidence!

Meski secara statistik ditemui ada lebih banyak lelaki narsis dibanding perempuan, pada kenyataannya saya berhadapan dengan banyak perempuan narsis. Seringkali kita sadar ataupun paham bahwa kita sedang berurusan dengan narsisis. Jika tidak sadar sesuatu sedang mencoba membunuh Anda, bagaimana Anda bisa melepaskan diri dari pengaruhnya?

Karena itulah ketidakpahaman orang awam akan eksistensi para narsisis bisa amat fatal. ‘Korban’ tidak tahu apa yang menyerang mereka, dan untuk waktu yang sangat lama bisa berkutat di lingkaran kebrengsekan ini sembari membingungi apa yang salah dengan diri mereka.

Narsisis, vampir energi, atau jelmaan Freddy Krueger, pilih saja label yang Anda suka. Mereka adalah serial killer yang pelan-pelan dan secara strategis membunuh Anda dari dalam: pikiran Anda.

Vampir energi adalah setan berkerudung manusia yang keahlian utamanya adalah teknik manipulasi mental. Saya yakinkan Anda kemanapun Anda pergi, ada satu hal yang secara amat agresif selalu diingini oleh para narsisis: mengikat Anda selamanya dengan antara dua pilihan, yaitu menikahi Anda atau membuat anak bersama Anda. Skenarionya bisa bervariasi, tapi esensinya akan sama karena Anda adalah sumber makanan utamanya.

Bagaimana Anda memberi makan kepada vampir energi?

Kehancuran jiwa, batin, dan kewarasan Anda adalah sumber kepuasan hidup bagi mereka. Ketika cemoohan yang kerap mereka lontarkan membuat Anda meragukan harga diri. Ketika sikap manipulatif tarik ulur mereka membuat Anda merasa harus bekerja lebih keras untuk ‘menstabilkan’ cinta mereka pada Anda. Ketika Anda berteriak histeris mencoba membela diri dari tuduhan-tuduhan tak masuk akal yang semena-mena mereka buat. Energi Anda habis dan mereka pun kenyang.

Kalau melakukan research sendiri, Anda akan berpapasan dengan beberapa opini berbeda antara para ahli psikologi dan para ‘korban’ real-life Freddy Krueger ini. Beberapa pakar mengatakan para narsisis sebenarnya tidak sadar penuh akan kelakuan mereka. Namun, saya pribadi beranggapan mereka memiliki dorongan tersebut dari dalam dirinya. Sama saja buruknya.

Tolong dengarkan ini baik-baik. Sebagai manusia, kita tak perlu mempertanyakan jauh-jauh ketika merasakan dorongan untuk menyumbangkan positifitas di lingkungan. Bukankah ini natural? Sama halnya, bagi vampir energi menebarkan bibit negatifitas pada orang lain adalah hal paling wajar yang dapat mereka pahami.

Lebih dari itu, misi hidup mereka adalah kehancuran akan segala sesuatu yang mereka anggap lebih baik dari ego mereka yang tolol itu. Jika dalam pandangan mereka Anda terlihat better dalam perwujudan seremeh apa pun, mereka otomatis iri di luar kepalang. Insting mereka mendorong untuk sesegera mungkin menghancurkan Anda. Dengan cara seperti itulah mereka merasa superior, kesemuanya adalah manifestasi akan rasa malu kronis akan diri mereka sendiri, yang mereka pendam semenjak masa kanak-kanak.

Content continue below...

Anda tak dapat menyembuhkan luka batin monster. Para pakar pun tak dapat melakukannya. Jangan berkhayal Anda adalah Belle yang mencoba menaklukkan Beast. This ain’t no fairy tale, this is your REAL life. Selalu hanya ada SATU saran mengenai berurusan dengan narsisis: lari sejauh mungkin, sekarang juga.

Baca juga:
Menghindari Kekerasan Dalam Hubungan Percintaan 

Psikoterapis asal Kanada, Dr. Oren Amitay, PhD CPsych, pernah berkata ke saya: “…keep in mind what real reality is ….” Alih-alih realita buatan yang secara khusus diciptakan untuk meruntuhkan jati diri Anda, Dr. Amitay menyarankan untuk menjauhkan diri sebisa mungkin. Kalau belum secara fisik setidaknya secara interpersonal.

Secara psikologis, kerusakan personalitas seorang narsisis sangat dekat dengan tingkat kegawatan seorang psikopat. Jika mereka ahli akan sesuatu, maka itu adalah menciptakan “realitanya” sendiri yang tak lebih dari sebuah delusi. Dalam delusi mereka, Anda adalah boneka yang setiap saat bisa dipermainkan pikiran dan kewarasannya. Mereka sungguh Freddy Krueger dalam kisah nyata!

And you don’t want to fight that. Just run!

Ini mungkin saran paling penting dan kontroversial yang bisa saya sampaikan pada siapapun yang sedang melewati masa berhubungan dengan seorang narsisis: berhenti memandang mereka sebagai manusia.

Terdengar kejam?

Tough love, baby. Toh ia tidak memperlakukan Anda laiknya manusia pula.

Jika Anda tidak berlaku demikian, Anda akan selamanya berputar di lingkaran hamster kesengsaraan yang membuat Anda jadi tolol seperti yo-yo. Satu menit Anda yakin seribu yakin harus melepaskan diri, menit selanjutnya Anda kasihan pada mereka dan ingin kembali untuk ‘menyembuhkan’ kemonsteran mereka.

NO! YOU need healing. Mereka sudah terlalu kronis untuk bisa disembuhkan.

If you so desperately want to be someone’s hero, sekarang saatnya jadi pahlawan untuk Anda. Selamatkan diri Anda sendiri, lari dan mulailah hidup baru. Jangan bahkan berpikir untuk balas dendam. Carilah pasangan yang benar-benar mendukung Anda, bukannya mengikis kewarasan Anda.

Lalu bagaimana cara mendapatkan pasangan seperti itu? Anda harus melatih diri bergaul dengan pria sebanyak-banyaknya. Salah satu penyebab Anda terjebak di hubungan toxic adalah karena Anda hanya menggebet 1 pria yang salah. Kalau Anda menggebet, katakanlah 10 pria, maka Anda bisa meninggalkan 1 pria vampir dan kencan dengan 9 pria lainnya. Dari 10 pria, pasti ada 1 atau 2 pria yang sehat secara mental sehingga bisa Anda lanjutkan ke tahap pacaran.

Baca juga:
7 Langkah Menjadi Wanita Dewasa Ala Lovable Lady

Langkah lebih jelas bisa Anda baca di Lovable Lady Formula; buku yang berisi bagaimana cara menjadi sosok memesona yang sulit ditolak pria. Jika Anda cukup berani menerapkan teori-teori di dalamnya, maka dalam 1 bulan ke depan gebetan Anda akan bertambah 10 kali lipat. Nanti Anda tinggal memilah mana pria yang vampir dan mana yang menyebarkan aura positif di kehidupan Anda. Jadi Anda tidak perlu bergantung ke 1 pria yang meruntuhkan kepercayaan diri Anda.

Anda bisa membeli buku Lovable Lady Formula lewat LINK di bawah:

Lovable Lady Formula

Lovable Lady Formula

Just live for YOU, for now.

Until you are completely healed, and remember that you are worth so much more.

And no, darling, you haven’t failed anything.

Share Your Thoughts