3 Langkah Tampil Kasual Berkelas

pexels-photo-842811

Jika sedang ingin beraktivitas santai di luar rumah, setelan apa yang Anda kenakan?

Kebanyakan pria ambil pilihan kaus lengan pendek, celana pendek, dan sendal. Buat apa berpakaian keren kalau cuma sekedar nongkrong bareng teman-teman? Toh mereka juga berpakaian ala kadarnya seperti Anda. Nanti saja berpakaian terbaik kalau datang ke pernikahan mantan atau acara-acara formal lainnya, mungkin begitu argumen Anda.

Tidak ada salahnya pikiran begitu, tapi Anda perlu memonitor diri agar tidak jadi selebor dalam berpenampilan. Teman-teman Anda tentu tidak memusingkan tampilan santai Anda itu, tapi ada sesuatu yang berkurang ataupun hilang dari energi Anda ketika tampil cuek asal-asalan.

Entah tubuh Anda jadi lebih membungkuk, atau perasaan Anda merasa datar-datar saja tidak antusias, atau Anda merasa bosan dan cepat lelah. Bukan hanya hati kita menentukan penampilan kita, tapi penampilan kita juga mempengaruhi perasaan kita.

“Tapi bukankah penampilan itu gak penting? Yang penting itu isi otak!” teriak Anda.

Memang isi otak itu penting, tapi penampilan juga tidak kalah pentingnya. Bahkan keduanya harus berdiri sejajar, tidak boleh melorot sebelah. Bila penampilan Anda terlihat keren, maka orang lain akan melihat Anda sebagai pribadi dengan pola pikir yang keren juga. Bagaimana bisa menunjukkan isi otak yang keren kalau penampilan Anda acak-acakan?

Memakai setelan yang tepat tidak hanya memperbaiki penampilan Anda, tapi juga mempermudah Anda dalam urusan romansa. Apalagi bila Anda sedang bergerilya di tahap PDKT, penampilan SANGAT MEMENGARUHI tingkat keberhasilan Anda untuk mendapat pasangan. Apa yang membuat Anda pikir wanita doyan dengan pria yang berpakaian asal-asalan? Anda toh juga tidak mau mendekati wanita yang penampilannya kucel berantakan.

Ya mungkin teman-teman Anda ada yang berhasil punya pasangan meski penampilannya jauh di bawah Anda. Namun, kecil kemungkinan hal yang sama terjadi pada Anda karena kalian berbeda. Barangkali ia punya wajah yang tampan, punya pekerjaan papan atas, dan kelebihan lainnya yang menarik wanita. Hampir mustahil Anda bakal seberuntung dan bernasib sama sepertinya. Jadi daripada menunggu wajah Anda berevolusi jadi tampan dan ditawari pekerjaan papan atas, jauh lebih bijak bila Anda memperbaiki penampilan karena itu yang termudah dan hasilnya langsung terlihat saat ini juga.

Baca juga:
Apakah Cowok Jelek Bisa Dapat Pacar?
Pria Menarik Kapan Saja dan Di Mana Saja

Bila Anda memutuskan untuk tampil lebih berkelas, Anda bisa memulainya dengan mengubah penampilan Anda sehari-hari karena itu yang paling mudah dilakukan. Sekarang buka lemari pakaian Anda dan masukkan semua pakaian tak layak pakai ke dalam wadah khusus. Seluruh pakaian di wadah itu haram dipakai saat Anda berkeliaran di luar. Pakaian tak layak seperti apa?

  • Semua pakaian yang warnanya pudar. Bila warna kaus atau celana kesayangan Anda sudah terlihat seperti handuk yang dijemur kelamaan, ada baiknya Anda memakainya untuk tidur saja.
  • Baju dari kampanye partai politik. Selain karena desain dan penempatan logonya sering asal-asalan, Anda tentu tidak mau terlihat seperti fanatik partai politik tertentu.
  • Pakaian dengan logo besar di punggung. Anda bukanlah spanduk berjalan, tinggalkan pakaian itu.

Bila ketiga jenis pakaian itu sudah diamankan dari TKP, berarti Anda sudah siap lahir batin untuk berubah. Langsung saja scroll ke bawah.

Bereksperimen Dengan Baju Lapis (Terutama Bagi Penggemar Kaus Pendek)

Kaus pendek adalah jenis pakaian yang banyak disukai karena sederhana dan nyaman. Anda tinggal memakainya tanpa perlu menambah pernak-pernik lain dan langsung lets go. Namun, kelebihan itu menjadi kekurangannya: sehelai kaus di tubuh Anda kurang meninggalkan kesan menarik. Anda harus banyak bereksperimen untuk menutupi kekurangan tersebut.

Caranya gampang. Anda tinggal melapisinya dengan jaket atau blazer yang warnanya kontras dengan kaus tersebut. Misalnya: kalau Anda memakai kaus berwarna putih, maka Anda bisa melapisinya dengan blazer berwarna gelap seperti hitam atau navy blue. Aturan ini berlaku bagi yang memiliki tubuh langsing atau gemuk.

Lebih jelasnya Anda bisa lihat di gambar ini:

Gambar 1 (Amazon.com)

via Amazon.com

“Tapi panas-panas begini masa pakai jaket?” keluh Anda.

Untuk menghindari gerah, gunakan jaket atau blazer yang berbahan tipis. Pastikan bagian ketiak Anda bebas bergerak dan kerah jaket tidak menutupi leher Anda. Selama kedua bagian itu mendapat sirkulasi udara, dijamin Anda tidak matang kepanasan. Selain itu, bila Anda sering menggunakan sepeda motor, maka jaket atau blazer bisa mencegah kulit Anda terbakar sinar matahari.

Bagaimana kalau Anda lebih doyan memakai kemeja lengan pendek daripada kaus? Justru itu bagus karena kemeja memiliki kerah yang kokoh sehingga terlihat lebih elegan. Cara memodifikasinya sama seperti di atas.

Baca juga:
5 Tips Memilih Kemeja Pria
Chambray, Solusi Untuk Berpenampilan Jantan

Sssst … apalagi saat musim hujan, memakai pakaian lapis juga ada keuntungannya sendiri. Ketika gebetan tahu-tahu menggigil kedinginan saat kencan, Anda tinggal menaruh jaket Anda ke pundaknya sambil berkata, “Nih pakai biar gak dingin.”

Mantap kan?

Tonjolkan Kesan Elegan Dengan Aksesoris

Jika penampilan Anda sudah oke, sekarang tinggal mempertajam kesan elegan Anda. Untungnya Anda tidak perlu memakai pakaian tambahan, yang Anda butuhkan cuma seperangkat aksesoris.

Untungnya aksesoris pria tidaklah sebanyak dan serumit aksesoris wanita. Harganya pun relatif terjangkau dan tidak akan membuat Anda jatuh miskin. Namun, Anda TETAP harus pandai memilih aksesoris yang tepat agar penampilan Anda tidak norak.

Anda cukup memiliki 4 jenis aksesoris di bawah, itu pun tidak wajib dipakai semua:

Content continue below...
  • Tangan: arloji, gelang, cincin.
  • Leher: kalung.
  • Wajah: kacamata.
  • Pinggang: ikat pinggang.

Gambar 2 (pinterest.com)

via Pinterest.com

Pastikan Anda cuma memakai satu buah aksesoris di setiap bagian tubuh. Memakai lebih dari satu akan membuat Anda terlihat seperti ondel-ondel karena penuh hiasan. Jika Anda memakai cincin, cukup pakai satu saja di jari Anda. Tidak perlu memenuhi kelima jari Anda dengan cincin kecuali Anda seorang petinju jalanan.

Gambar 3 (Unsplash.com)

via Unsplash.com

Pemilihan warna pun tidak kalah pentingnya. Jika Anda baru pertama kali bereksperimen, pilihlah aksesoris berwarna netral seperti hitam, perak atau cokelat. Mengapa begitu? Karena warna netral cocok berbaur dengan semua warna pakaian yang Anda kenakan. Bila pemahaman Anda tentang penampilan sudah meningkat, silakan mencoba warna-warna lainnya.

Baca juga:
Guys, Pikat Dia Dengan 4 Style Recomended Ini!
Jam Tangan Menonjolkan Kedewasaan Pria

Kurangi Pergaulan Dengan Sendal Jepit

Anda tentu punya sepasang sendal jepit kesayangan yang selalu dipakai ke mana pun; entah itu ke pasar, warung depan rumah, nongkrong di angkringan, bahkan ketika Anda melenggang santai di mal. Meski bentuknya sudah buluk, Anda tidak mau membeli yang baru sebelum tali karetnya putus.

Sayangnya, bila Anda benar-benar ingin tampil cemerlang, maka Anda harus mengurangi kebersamaan itu. Lupakan sendal buluk kesayangan bila Anda ingin berkegiatan di luar, apalagi kalau Anda pergi ke mal. Catat ini: wanita selalu menilai penampilan Anda dari ujung rambut sampai ujung kaki. Memakai sendal jepit JELAS akan mengurangi daya tarik Anda hingga 50%.

Jadi, alangkah bijaksananya kalau Anda menggunakan sepatu ketimbang sendal. Ada banyak pilihan sepatu yang bisa Anda pakai untuk kegiatan sehari-hari.

Gambar 4 (awortheyread.com)

via Awortheyread.com

Sepatu yang akrab dengan berbagai macam pakaian adalah sepatu kets yang terbuat dari kanvas hitam dan sol karet putih. Anda bebas mengkombinasikannya dengan celana panjang maupun pendek. Keuntungan lainnya, telapak kaki Anda tidak cepat lelah karena sepatu kets memiliki sol karet yang rata dan lentur sehingga telapak kaki Anda mudah bergerak.

Gambar 5 (Unsplash.com)

via Unsplash.com

Walau nyaris sempurna, sepatu kets tetap punya kekurangan. Sol putihnya gampang terpapar kotoran, apalagi bila Anda tergolong pejalan kaki mania. Tapi itu tidak akan jadi masalah selama Anda rajin membersihkannya.

Baca Juga:
3 Jenis Sepatu Yang Wajib Dimiliki Pria

Satu catatan penting: sebisa mungkin HINDARI memakai sepatu futsal ke mana-mana, TIDAK PEDULI seberapa keren dan mahal sepatu itu. Sepatu futsal cuma cocok di lapangan futsal, bukan di mal apalagi di kondangan.

Sampai di situ saja?

Jelas tidak!

Masih ada puluhan langkah lainnya yang bisa Anda gali di ebook Hitman System terbaru: Glossy Fashion Guide. Ada banyak petunjuk bagaimana seharusnya seorang pria berpenampilan dari ujung kaki sampai ujung kepala. Semua yang ingin Anda tahu tentang caranya penampilan menarik sudah terangkum rapat di ebook tersebut.

Baca juga:
Glossy Fashion Guide

00-cov_GFG_r

Selamat bereksperimen!

Share Your Thoughts