3 Cara Menghadapi Putus Cinta

healing

Putus cinta memang menyakitkan. Ditinggalkan orang yang sangat dicintai adalah sebuah pengalaman tragis yang berdampak pada psikis seseorang dan menghancurkan kemampuannya untuk meraih kebahagiaan. Banyak orang membutuhkan waktu sangat lama untuk pulih dari kesedihannya sampai bertahun-tahun. Karena itu, mengatasi putus cinta dengan baik adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan seseorang.

Berikut adalah 3 cara efektif untuk mengatasi patah hati akibat putus cinta:

Hadapi Putus Cinta Dengan Ikhlas

Banyak orang melakukan hal bodoh ketika mengalami putus cinta dan semakin merusak diri lebih dari yang seharusnya. Marah-marah, memaki, mengancam, menangis memohon, menyakiti diri sendiri agar dikasihani, mengancam bunuh diri, dan melakukan segala macam untuk menambal rasa sakit di hati. JANGAN SAMPAI Anda melakukan hal-hal tersebut, karena bukan saja Anda akan semakin sakit, tapi juga Anda akan semakin merusak hubungan Anda dengan mantan kekasih Anda. Emosi Anda yang berlebihan justru akan membuatnya semakin yakin, bahwa memutuskan hubungan dengan Anda adalah keputusan yang tepat. Dia akan jadi sebal melihat reaksi kekanakan Anda, semakin benci dan Anda dijamin akan menyesal nantinya.

Apapun alasannya, putus cinta hanya berarti satu hal: hubungan yang tidak bisa dilanjutkan lagi. Mungkin karena ketidakcocokan, mungkin karena faktor orang ketiga, mungkin karena keluarga, dsb, tapi yang jelas, putus cinta berarti ada yang tidak beres dalam hubungan Anda. Seringkali putus cinta adalah jalan terbaik untuk mencegah Anda dan pasangan saling menyakiti terus-menerus. Sebuah jalan keluar dari hubungan yang sudah rusak. Akui hal ini dan ikhlaskan. Terima kenyataan bahwa kisah Anda dengannya sudah berakhir. Semakin cepat Anda bisa mengikhlaskan hal tersebut, semakin cepat Anda bisa mulai menata hidup Anda kembali.

Stop Segala Kontak

Anda sedang luka karena terbakar api, sungguh sebuah perbuatan yang bodoh bila Anda masih terus bermain api. Mantan kekasih Anda adalah sumber sakit hati yang Anda rasakan, jadi stop berhubungan dulu dengannya! Jangan bertemu dulu dengannya, jangan menelpon, chatting, SMS, termasuk di social media seperti Twitter dan Facebook, unfollow dan unfriend bila perlu. Saya tidak bisa menekankan lagi betapa pentingnya hal ini dilakukan, bila Anda menginginkan untuk sembuh dan memulihkan hati Anda.

Anda membutuhkan waktu untuk menenangkan diri sendiri dan berpikir dengan jernih, tentunya itu semua tidak bisa dilakukan bila setiap kali melihat mantan Anda di recent updates BBM malah membuat Anda jadi galau seketika. Anda butuh waktu untuk berpikir dan mengevaluasi diri. Jadi hindari dulu segala kontak dengan mantan, termasuk segala bentuk memorabilia, seperti foto, hadiah pemberian, dsb. Simpan dulu, tidak perlu Anda lihat-lihat lagi. Anda sedang sakit sekarang, jangan sakiti diri Anda lagi melebihi yang seharusnya.

Content continue below...

Go Out and Have Fun

Berikan batas waktu untuk Anda bersedih, mengurung diri dan menangis hingga habis air mata Anda, misalnya seminggu atau dua minggu. Tapi setelah itu, segera hapus air mata Anda, keluar dari kamar, paksakan diri untuk mulai bersenang-senang kembali. Karena semakin Anda berlama-lama terpuruk dalam kesedihan, maka tubuh dan mental Anda akan jadi terbiasa berada dalam kondisi menyedihkan, dan ini sama sekali bukan hal yang bagus. Hubungi sahabat-sahabat Anda dan pergilah bersenang-senang, makan makanan favorit Anda, tekuni hobi Anda kembali, dan mulailah pergi kencan dengan gebetan-gebetan baru. Ingat, tujuan Anda bukan untuk mencari pelarian atau pacar baru, tapi untuk bersenang-senang. Agar menyadari bahwa Anda masih memiliki kemampuan untuk bahagia kembali.

Bukan saatnya lagi untuk marah-marah, bersedih, dan meraung mengemis, sekarang adalah saatnya Anda fokus pada diri sendiri untuk menyembuhkan hati Anda. Tugas Anda adalah membahagiakan diri Anda sendiri tanpa mantan kekasih Anda. Lakukan segala macam hal yang bisa membuat Anda tertawa lepas dan merasa bahgia. Kesalahan terbesar Anda selama ini adalah menjadikan mantan kekasih Anda sebagai sumber kebahgiaan Anda satu-satunya, itu sebabnya ketika dia pergi Anda merasa seperti dunia Anda runtuh dan kehilangan makna. Sekarang saatnya Anda meraih kebahagiaan Anda kembali dengan tangan Anda sendiri.

putus cinta

Saya sangat mengerti bahwa melakukan ketiga cara di atas tidaklah mudah, bahkan bisa dibilang SANGAT SULIT, terutama bila Anda putus cinta setelah menjalin hubungan yang cukup lama. Tapi berdiam diri dan tenggelam dalam kesedihan yang berlarut-larut hanya akan membuat Anda semakin menderita. Paksa diri Anda untuk melakukan ketiga hal di atas, perlahan namun pasti, saya jamin Anda akan melihat hasilnya. Banyak orang bilang bahwa waktu akan menyembuhkan segalanya, itu adalah pernyataan yang kurang tepat. Dalam setiap sesi konsultasi, saya selalu mengatakan pada klien saya: Bukan waktu yang menyembuhkan, tapi apa yang Anda lakukan di waktu tersebut lah yang akan menyembuhkan Anda.

Selamat meraih kebahagiaan Anda kembali.

Share Your Thoughts