Bagaimana Memperkuat Cinta Selama PSBB Coronavirus?

Home Articles Bagaimana Memperkuat Cinta Selama PSBB Coronavirus?

Dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengontrol penyebaran coronavirus, Anda pasti jadi sering menghabiskan banyak waktu dengan pasangan daripada sebelumnya. Ini bisa jadi masalah dalam hubungan atau bisa saja jadi kesempatan terbaik untuk memperkuat hubungan cinta kalian… asalkan tahu caranya.

Jika kalian tinggal bersama, bekerja dari rumah, dan tidak berencana keluar sama sekali, maka ada kemungkinan kalian akan saling membuat kesal satu sama lain. Ini biasanya terjadi karena sebelumnya kalian tidak setiap waktu bersama, apalagi jika Anda dan pasangan biasanya banyak menghabiskan waktu dengan bekerja di luar rumah. Hidup bersama selama 24 jam penuh selama berminggu-minggu membuat kalian jadi semakin tahu sifat-sifat jelek pasangan, makanya tidak mengherankan di luar negeri banyak pasangan yang bercerai selama lockdown coronavirus.

Baca juga:
Isolasi Corona, Stress Test, dan Perceraian

Rasa kesal karena 24 penuh bersama pasangan adalah hal yang normal, terutama mengingat stress Anda yang meningkat selama wabah coronavirus terjadi. Tapi Anda harus ingat bahwa kondisi sulit ini hanya terjadi sementara waktu, jadi ada baiknya Anda mengambil langkah untuk memastikan Anda dan pasangan bisa melewati masa sulit ini tanpa merusak hubungan. Bahkan masa sulit ini bisa jadi kesempatan untuk membuat hubungan cinta semakin kuat.

Berikut bagaimana cara mengubah krisis ini jadi kesempatan untuk memperkuat hubungan:

1. Dengarkan Curhat Pasangan dan Katakan Bahwa Segalanya Bakal Baik-Baik Saja

Coronavirus membuat stress banyak orang, termasuk pasangan Anda. Bisa karena dia dikeluarkan dari pekerjaan, gajinya dipotong setengah, tokonya sepi pembeli, dan sebagainya. Dia bakal curhat tiga kali lebih banyak dari sebelumnya. Ini bisa membuat Anda ikut-ikutan tambah stress karena Anda sendiri juga kena banyak masalah karena wabah coronavirus.

Salah besar jika Anda malah memperburuk keadaan dengan mendebat, menimpali, balas mengeluh, atau menganggap enteng masalahnya. Itu akan menciptakan ronde pertengkaran-pertengkaran berikutnya yang mana tidak bakal selesai dalam waktu dekat.

Daripada merespon negatif, kenapa tidak duduk diam mendengarkan curhatnya dan katakan bahwa segalanya bakal baik-baik saja? Meski masalahnya tidak langsung selesai, ini akan menenangkan dan menguatkan hatinya. Ini juga membuatnya merasa aman, nyaman, dan lebih terbuka kepada Anda karena Anda tidak pernah menimpalinya dengan negatif.

Cara bilangnya bagaimana? Gampang: “Beb, masalahmu memang berat sekali, tapi aku yakin semua bakal saja-saja. Nanti pasti kita akan dapat jalan keluarnya.” Bilang begitu sambil mengelus kepalanya.

Siapa yang tidak terenyuh melihat Anda berbuat begitu?

Baca juga:
Komunikasi Bukan Kunci Hubungan Harmonis

2. Yakinkan Dia Bahwa Dirinya Aman Bersama Anda

Coronavirus membuat jutaan orang berada dalam zona bahaya, termasuk pasangan Anda. Sebagai pasangan, Anda harus membuatnya merasa aman bersama Anda. Siapa lagi yang mampu memberikannya rasa aman selain Anda?

Untuk memberikannya rasa aman, Anda tidak bisa cuma sekadar berucap “Kamu aman bersamaku”. Ucapan doang tanpa tindakan adalah omong kosong; Anda harus melakukan tindakan yang bisa dilihat dan dirasakannya. Contoh paling nyata, Anda bisa membuatnya aman dengan memastikan kebutuhan sehari-hari di rumah tetap tersedia. Baik dalam bentuk makanan, minuman, suplemen vitamin, persediaan masker, dan alat-alat kesehatan. Ini akan membuatnya yakin bahwa di rumah bersama Anda jauh lebih aman daripada berada di tempat lain.

Anda juga harus tahu langkah-langkah apa saja yang dilakukan jika terjadi sesuatu di antara kalian. Katakanlah jika nanti Anda atau pasangan tertular coronavirus, Anda tahu nomor kontak untuk memanggil ambulans, lokasi rumah sakit yang menerima pasien tertular coronavirus, dan berkas-berkas yang harus disiapkan untuk diberikan ke fasilitas rujukan. Itu akan membuatnya yakin bahwa Anda adalah orang yang sangat bisa diandalkan jika terjadi sesuatu buruk yang menimpa kalian.

3. Bagi-Bagi Tugas Urusan Rumah Tangga

Ini terdengar sepele, tapi kenyataannya banyak membuat pasangan ribut. Ketika kalian sering berada di rumah, maka akan semakin kelihatan siapa yang paling rajin mengurusi rumah dan siapa yang paling malas. Ini akan membuat pihak yang rajin merasa dirinya seperti pembantu karena semua urusan rumah tangga mulai dari membersihkan rumah, memasak, menyuci pakaian, sampai menemani anak belajar semua dilakukannya sendiri. Kalau di masa pendemi ini saja Anda tidak bisa diajak kerjasama, bagaimana dengan masalah-masalah lain yang mungkin terjadi di masa depan? Nilai pasangan terhadap Anda bisa berkurang drastis.

Untuk mencegah itu terjadi, Anda dan pasangan harus membagi-bagi tugas urusan rumah tangga. Tulis pembagiannya di kertas, lalu tempel di tempat yang mudah terlihat seperti pintu kulkas, pintu lemari pakaian, dinding kamar, atau lainnya. Ini biar kedua pihak tidak ada alasan untuk lupa.

Contoh jadwal sederhananya seperti ini:

Senin:

Anda: menyapu lantai seluruh rumah, menyuci piring, membersihkan kandang anjing, bermain sama anak.

Pasangan: memasak untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, menemani anak belajar.

Selasa:

Anda: memasak untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, menemani anak belajar.

Pasangan: menyapu lantai seluruh rumah, menyuci piring, membersihkan kandang anjing, bermain sama anak.

Rabu: sama seperti senin

Kamis: sama seperti selasa.

… dan seterusnya.

Itu contoh paling sederhannya. Jadwalnya bisa semakin panjang dan rumit tergantung aktivitas kalian dan jumlah keluarga kalian di rumah, jadi silakan dimodifikasi sesuai kesepakatan kalian. Pastikan pembagian tugasnya adil dan tidak berat sebelah, jangan sampai ada pihak yang merasa dapat tugas lebih banyak atau lebih sulit. Makanya bicarakan dulu sama pasangan soal pembagian tugas ini, jangan Anda sendiri yang membuat jadwalnya!

Baca juga:
Bertengkar Dengan Pasangan? Mengalah Bukan Solusi

4. Menerapkan Kebiasaan Sehat Bersama Pasangan

Wabah coronavirus mau tidak mau memaksa Anda dan pasangan untuk menjalani kebiasaan hidup sehat. Ini berarti kalian harus memperbanyak olahraga, memasak makan-makanan bergizi, beristirahat yang cukup, berhenti atau mengurangi merokok, dan sebagainya. Memang tidak menyenangkan, apalagi jika kalian memang terbiasa hidup tidak sehat dalam jangka waktu yang lama.

Nilai tambahnya, ini tidak cuma meningkatkan daya tahan tubuh Anda, tapi juga meningkatkan rasa kebersamaan dan keintiman hubungan karena dikerjakan bersama-sama pasangan.

Kebiasaan menyehatkan itu meliputi kegiatan seperti memasak makanan sehat bareng, berolahraga di rumah bersama-sama satu keluarga, duduk berlatih meditasi bareng pasangan, dan saling mengingatkan jika ada salah satu pihak terpancing untuk melakukan kegiatan tidak sehat seperti merokok atau minum alkohol. Ini menunjukan bahwa kalian peduli dengan kesehatan masing-masing dan mau bekerja sama agar kedua pihak berada dalam kondisi terbaik.

Kalau sudah saling bekerja sama seperti itu, hubungan cinta kalian tidak akan hancur belepotan dalam bencana apa pun!

Baca juga:
Ini Tandanya Kalau Dia Memang Serius Sama Anda!

PSBB coronavirus sebaiknya jangan dilihat sebagai sesuatu yang menakutkan dan bisa melukai hubungan; justru Anda harus melihatnya sebagai kesempatan untuk memperkuat hubungan cinta Anda dengan pasangan. Kalau bukan karena PSBB coronavirus ini, kapan lagi Anda bisa sering berkegiatan bersama pasangan di rumah, membuat jadwal bareng, mendengar curhatan-curhatannya yang mana jarang ia lakukan karena kalian terlalu sibuk di luar, dan saling menguatkan satu sama lain? PSBB jadi tidak seburuk yang Anda kira bukan?

Anda bisa mempelajari ratusan tips-tips lainnya dengan mendaftarkan diri Anda ke KC STAR. Di sana, Anda akan mendapat ratusan video pembelajaran tentang bagaimana mengelola hubungan yang sehat sehingga hubungan Anda dan pasangan berjalan lebih lama dan bahagia. Tipsnya sangat logis, berdasarkan psikologi cinta, dan sudah dipraktikkan oleh ratusan pasangan di seluruh Indonesia sehingga manfaatnya tidak diragukan lagi. Sekarang kesempatan Anda dan pasangan untuk mempelajarinya.

Yuk temukan caranya lewat LINK di bawah:

>>>KC STAR<<<

Selamat belajar cinta di KC STAR!