Kenapa Orang Bisa Selingkuh?

selingkuh

Selingkuh adalah masalah yang umum ditemui dalam sebuah hubungan jaman sekarang. Seberapa sering Anda mendengar kisah perselingkuhan terjadi, atau bahkan mengalaminya sendiri? Sungguh ironis, meskipun semua orang setuju bahwa selingkuh adalah perbuatan yang salah, tapi nyatanya banyak orang yang melakukannya.

Lucunya lagi, pria sepertinya sudah dicap sebagai oknum yang lebih mudah melakukan perselingkuhan. Padahal logikanya, pria kan selingkuhnya dengan wanita. Wanita pun sama seringnya melakukan aksi selingkuh, bukan pria saja. Tapi memang bila menilik alasan dan penyebabnya, ada perbedaan yang cukup mendasar mengapa pria berselingkuh dibandingkan dengan wanita. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, Anda jadi bisa mengantisipasi dan mencegah sebelum selingkuh terjadi, karena mencegah lebih baik daripada memperbaiki.

Mengapa pria selingkuh?

Pria adalah mahluk dangkal, yang dengan mudah bisa teralihkan fokusnya bila melihat ada hal lain yang lebih menarik. Meskipun penyebab selingkuh bisa saja karena kebutuhan emosional yang tidak terpenuhi, tapi pria adalah mahluk visual. Alasan paling utama kenapa pria selingkuh adalah karena ada wanita lain yang lebih cantik dan meresponnya dengan baik.

Ini yang menyebabkan pria seringkali dicap sebagai peselingkuh ulung, karena ketika melihat wanita lain yang menarik, pria memang sepenuhnya SADAR bahwa ia menginginkan wanita tersebut. Sebagai pihak yang lebih aktif, pria secara sadar mengajak ngobrol, menawarkan antar-jemput, dan memberikan perhatian pada orang ketiga.

Meskipun sudah memiliki pasangan, seringkali pria tidak bisa menahan diri untuk sekedar iseng. Hanya untuk melihat seberapa jauh sih dia bisa mendekati, sebagai ajang pembuktian diri dan validasi. Dalam hal ini, memang harus diakui pria bisa langsung dinyatakan bersalah, karena secara sadar melanggar batas yang dibuatnya sendiri.

Untuk mencegah hal ini, tentu saja pria harus menahan diri dan menutup mata. Sebagai pria, Anda harus bisa menguasai diri dan keinginan Anda sendiri. Anda harus ingat bahwa hubungan Anda dengan pasangan jauh lebih berharga daripada kepuasan sementara.

Mengapa wanita selingkuh?

Berbeda dengan pria yang secara sadar menginginkan orang lain, wanita tidak seperti itu. Wanita berselingkuh biasanya karena kedekatan emosional. Karena mendapatkan kenyamanan emosional yang tidak didapatkan oleh pasangannya, mungkin karena mendapatkan perhatian yang lebih, atau bisa jadi karena hal sesederhana obrolan yang nyambung.

Dalam hal ini, perselingkuhan wanita jauh lebih berbahaya karena wanita biasanya TIDAK SADAR bahwa ia sedang bermain api. Wanita tidak sadar bahwa ketika dia meladeni obrolan dan menikmati menghabiskan waktu dengan pria lain akan membuatnya semakin dekat secara emosional dengan pria tersebut. Awalnya hanya sekedar curhat, menceritakan isi hati yang tidak bisa diceritakan pada kekasihnya. Wanita menganggap kenyamanan emosional belum masuk definisi perselingkuhan.

“Kan dia CUMA teman, kan saya CUMA curhat, kan kita CUMA ngobrol…” Kata CUMA ini yang membuat wanita terlambat menyadari apa yang terjadi. Tahu-tahu sudah terpikat dan lebih menikmati kebersamaan dengannya dibanding kekasihnya. Tahu-tahu sudah jauh dari kekasihnya. Bagaikan seekor katak yang direbus pelan-pelan, awalnya menikmati kehangatan dan ketika menyadari airnya sudah mendidih, semuanya sudah terlambat.

Content continue below...

Untuk mencegah hal ini, tentu saja wanita harus menahan diri untuk tidak membiarkan dirinya terbuai dalam kenyamanan emosional dengan pria lain. Mulailah tindakan pencegahan dengan tidak curhat kepada siapapun selain sahabat wanita. Memang terkesannya jadi membatasi diri, tapi sebuah hubungan membutuhkan pengorbanan dan batasan yang jelas. Bila Anda tidak mau membatasi diri, mungkin lebih baik Anda tidak usah pacaran dulu.

Bagaimana supaya tidak selingkuh?

Begitu banyak orang yang bertanya pada saya, “Kei, bagaimana sih supaya hubungan tetap langgeng?” dan jawaban saya selalu sama:

“Pakai kacamata kuda.”

Dalam pelatihan Kelas Cinta diajarkan bahwa kedua belah pihak dalam hubungan WAJIB BERTANGGUNG JAWAB untuk menutup diri dari semua godaan, baik yang disengaja maupun tidak. Prinsipnya sederhana: bila Anda masih ingin bebas, lebih baik single saja. Bila sudah berpasangan, ya harus merelakan kebebasan Anda. Logis sekali, tapi tidak banyak orang yang bisa melakukannya.

Bagaimana dengan Anda? Bisa?

Jika sulit, silakan baca PENJELASAN LENGKAP-nya dengan baca e-book gratis ini: SEMUA PASTI SELINGKUH.

 

Share Your Thoughts