Apa Itu Introvert? Cara Bergaul Untuk Yang Merasa Introvert

Home Articles Apa Itu Introvert? Cara Bergaul Untuk Yang Merasa Introvert
Share the knowledge!

Bagi sebagian orang, bergaul adalah aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa bertemu dengan banyak orang, membicarakan berbagai macam hal, menertawakan kejadian-kejadian lucu, dan sebagainya. Namun, tidak demikian bagi orang introvert. Bergaul dengan banyak orang cenderung membuatnya lelah karena ia terbiasa menghabiskan waktu sendiri ketimbang bersama orang lain. Jika Anda merasa introvert, Anda pasti merasakan hal tersebut.

Apa itu introvert?

merasa introvert

Anda mungkin masih belum tahu apa itu introvert. Mengutip dari Satupersen.net, introvert adalah seseorang yang memiliki jenis kepribadian introversion. Mereka biasanya dikenal sebagai seseorang yang lebih fokus pada pikiran, perasaan, serta suasana hati dalam dirinya ketimbang fokus dengan hal di luar dirinya.

Introversion sendiri diperkenalkan oleh Carl Jung, seorang pencetus psikoanalisis dalam big five theory of personality-nya. Jenis kepribadian ini memiliki lawan kata yaitu extraversion; seseorang yang dikenal memiliki sifat terbuka, mudah bergaul, menyenangkan, sampai antusias ketika bertemu dengan orang baru.

Setiap orang sebenarnya memiliki tingkat introversion serta extraversion yang berbeda-beda. Cara mereka untuk mengisi ulang energi mereka pun berbeda-beda.

Bagi seorang introvert, mereka cenderung mengisi ulang energinya saat mereka sendirian. Sebaliknya, bagi seorang extrovert, bertemu dengan orang lain dapat menambah semangat diri mereka. Hal demikian tentu tidak ada yang salah karena setiap orang memiliki caranya masing-masing.

Kecenderungan untuk fokus ke diri sendiri ini yang seringkali membuat orang introvert sulit bergaul akrab dengan orang lain. Padahal orang introvert bukan berarti anti bergaul; mereka juga ada keinginan untuk berinteraksi dengan orang lain hanya saja tidak seantusias orang ekstrovert. Orang introvert bisa dengan mudah bergaul dengan orang lain dengan menggunakan cara-cara yang sesuai dengan kepribadiannya.

Mitos-mitos Soal Introvert

Ada beberapa mitos soal introvert yang salah.

1. Orang Introvert Takut Resiko

Karena lebih suka menyendiri dan sering menolak diajak bersenang-senang sama yang lain, orang introvert sering dinilai takut resiko. Ini jelas tidak benar. Mereka cuma mempertimbangkan apa manfaatnya kegiatan itu bagi mereka. Tentu mereka berani mengambil resiko di bidang lain yang orang lain jarang tahu.


Baca Artikel Lain:

Bagaimana Mengatasi Grogi dan Hening Saat Kencan?


2. Orang Introvert Pendiam ke Semua Orang

merasa introvert

Kenyataannya tidak. Begitu Anda akrab dengan orang introvert, dia akan banyak bicara sama seperti orang-orang pada umumnya. Dia hanya memilih siapa saja yang benar-benar enak diajak ngobrol.


Baca Artikel Lain:

Benarkah Wanita Menyukai Pria Pendiam?


3. Orang Introvert Susah Akrab dengan Orang Extrovert

merasa introvert

Selama kedua pihak itu mengerti dan menghargai kesukaan dan ketidaksukaan masing-masing, maka mereka tetap bisa akrab. Bahkan menjadi sahabat atau pasangan.


Baca Artikel Lain:

Kenapa Kamu Takut Ngobrol Sama Wanita Cantik?


4. Orang Introvert Benci Bersosialiasi

merasa introvert

Orang introvert tetaplah manusia yang merupakan makhluk sosial. Mereka pun bersosialiasi, tapi lebih banyak ke orang-orang dan lingkungan yang sudah dikenalnya akrab.


Baca Artikel Lain:

Wibu Adalah Pecinta Anime, Kenapa Bisa Cinta Anime?


Cara Bergaul yang Asyik bagi Anda yang Merasa Introvert?

Jika Anda merasa introvert, jangan takut tidak bisa bergaul dengan yang lain. Cukup ikuti 4 cara di bawah dan Anda bisa bergaul dengan siapa saja.

1. Berinteraksi Dengan Satu Orang Saja Meski Di Keramaian

Seperti yang disebutkan di atas bahwa orang introvert adalah orang yang fokus ke dirinya sendiri dan ini yang membuat Anda sulit memahami orang lain, apalagi jika harus berinteraksi dengan banyak orang.

Solusinya sederhana: Anda bisa hanya berinteraksi dengan satu orang saja. Ini akan memudahkan Anda mudah memahami maksud dan perasaan lawan bicara, sekaligus Anda bisa mudah pula menanggapinya.

Kalaupun Anda harus menghadapi banyak orang, Anda bisa memfokuskan perhatian hanya ke satu orang yang topiknya paling menarik minat Anda. Jika mereka berbicara secara bersamaan, Anda bisa meminta mereka untuk bergantian berbicara. Ini akan meringankan beban pembicaraan yang Anda terima.


Baca Artikel Lain:
Menghilangkan Minder Saat Ingin Mengajaknya Ngobrol?


2. Ajukan Pertanyaan Terbuka Agar Lawan Bicara Banyak Berkomentar

Dua kunci untuk merasa nyaman saat ngobrol adalah menunjukkan minat pada orang lain dan mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka minati. Jadi di awal percakapan, Anda harus mengajukan pertanyaan terbuka tentang mereka.

Bila Anda belum mengerti, pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan sekadar “Ya” atau “Tidak”. Pertanyaan ini memancing lawan bicara untuk berkomentar panjang. Misalnya:

“Gimana menurut loe soal film Money Heist season 2 kemarin?”

“Kenapa ya banyak yang bilang game Cyberpunk 2077 jelek?”

“Gue dengar loe lagi belajar Python. Kenapa loe pilih bahasa program itu?”

Ini adalah cara mudah bagi yang merasa introvert untuk berpartisipasi secara aktif tanpa harus terlalu banyak bicara. Anda jadi menghemat ucapan, tenaga, mempertahankan keterlibatan, dan bisa fokus mendengar pendapat lawan bicara.


Baca Artikel Lain:
50 Topik Ngobrol


3. Beri Jeda Sejenak Jika Ingin Menyusun Kata-kata

Ada kalanya Anda ingin menyampaikan informasi yang lebih detail atau menyusun kata-kata yang lebih mudah dipahami, tapi belum siap untuk langsung mengatakannya. Dalam situasi ini, Anda dapat “mengulur waktu” dengan memberi tahu orang lain bahwa Anda perlu waktu untuk berpikir. Anda bisa mengatakan seperti ini:

“Beri gue waktu sebentar, gue lagi menggali lebih rinci apa yang ingin gue katakan….”

“Biarkan saya memiliki waktu sejenak untuk memikirkannya…”

Dalam masyarakat yang berorientasi ekstrovert, biasanya akan dianggap kurang sopan untuk diam dan berpikir di tengah percakapan. Namun, dengan memberi tahu bahwa Anda perlu waktu sejenak untuk berpikir, Anda pasti akan diperbolehkan untuk diam sebentar dan menggali informasi yang hendak Anda sampaikan.


Baca Artikel Lain:
Topik Sakti Ngobrol Asyik Ke Gebetan


4. Pergilah Jika Anda Kelelahan

Anda akan cepat merasa kelelahan ketika menggunakan ketiga strategi di atas. Ini adalah hal yang wajar karena seorang introvert memang mudah terkuras energinya saat menghabiskan waktu bersama orang lain.

Jika lelah, Anda boleh meminta izin untuk pergi untuk mengisi ulang tenaga Anda. Contoh: Anda berada di suatu acara yang akan selesai jam satu siang, maka Anda bisa izin pulang duluan di jam dua belas siang dengan alasan beristirahat.

Beristirahatlah dengan bekerja sendiri, membaca buku, bermain video game, dan sebagainya. Ini akan mengisi tenaga Anda jika nanti harus bergaul dengan orang lain lagi.


Baca Artikel Lain:
Mengapa Orang Malas Ngobrol Dengan Anda?


Setelah membaca keempat strategi di atas, Anda tidak perlu kebingungan atau minder lagi saat ingin bergaul dengan orang lain. Merasa introvert bukanlah batu sandungan Anda saat bersosialiasi; Anda hanya perlu menerapkan strategi yang sesuai dengan kepribadian Anda agar bisa tetap bergaul seru dan menyenangkan.

Jika Anda adalah pria yang merasa introvert dan sulit bergaul dengan siapa saja, khususnya wanita. Maka di Hitman System Mega Seminar (HSMS) yang bakal diadakan tanggal 2 Juli 2022 nanti, Anda akan belajar dinamika pria dan wanita sehingga Anda mengerti bagaimana cara menjadi pria Glossy berkualitas tinggi yang disenangi semua orang, termasuk wanita. Anda bisa dengan mudah masuk ke lingkungan pergaulan mana pun dan di mana pun sesuka Anda.

Seminar ini gak cuma mengubah kehidupan romansa Anda jadi berkali-kali lipat lebih baik, tapi juga mengubah karir dan pergaulan Anda selamanya.

Intip materi HSMS dengan KLIK LINK di bawah:

HITMAN SYSTEM MEGA SEMINAR

Jadilah introvert yang bisa bergaul dengan siapa saja. Kehidupan Anda akan jauh lebih menyenangkan karena Anda memiliki banyak teman dan tentu saja Anda bebas dari kesepian.

Referensi:
[2] Confident Communication Skills for Introverts

Share the knowledge!