Tidak Cuma Sakit Hati, KDRT Juga Punya Efek Samping Buruk Pada Kesehatan Tubuhmu! Ini 6 Buktinya

argument-238529 (1)

Semua orang tahu hubungan abusive itu menyakitkan, baik secara fisik maupun emosional. Tidak hanya menimbulkan trauma secara psikis, kesehatan korban juga bisa menurun drastis yang disebabkan oleh terlalu lama menghadapi tekanan emosional dalam waktu yang relatif lama.

Cinta sesungguhnya membuatmu bahagia dan bebas, bukannya merasa terkekang, tertekan, dan tersiksa lahir batin. Kalau kamu masih ragu pasangan abusivemu tidak akan pernah menyakitimu, atau kamu masih tidak percaya korban kekerasan rumah tangga (KDRT) hanya melebih-lebihkan, baca saja 6 bukti berikut ini yang menyatakan bahwa KDRT atau hubungan abusive sangatlah merugikan kesehatan korbannya.

1. Wajahmu Akan Timbul Banyak Jerawat Karena Stres

acne-1606765via Pixabay

Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa stres dapat menimbulkan jerawat pada tubuhmu. Ada cukup banyak sebabnya. Ketika stres, hormon pada kulitmu akan memproduksi minyak berlebih yang bisa menimbulkan jerawat. Umumnya, orang stres tidak akan merawat kulitnya dengan baik. Kalau sudah tahu dekat dengan orang negatif bisa mengurangi kekeceanmu, kenapa kamu masih bertahan saja dengan pasanganmu?

2. Kesehatan Lambung Kamu Bisa Terganggu

belly-body-clothes-diet-53528via Pexels

Korban KDRT biasanya merasakan stres, cemas, dan ketakutan secara konstan. Ketiga hal tersebut dapat memicu penyakit pada lambung, seperti gangguan pencernaan, mual-mual, muntah-muntah, dan lain sebagainya. Mengonsumsi obat bisa memulihkan kondisimu untuk sementara waktu, tetapi kalau kamu tidak segera mengambil sikap tegas pada pasangan dan lingkungan negatif di sekitarmu, penyakit lambungmu bisa berdampak fatal pada kesehatan tubuhmu dalam jangka panjang.

3. Kamu Akan Rentan Kecanduan Alkohol dan Obat-obatan

pexels-photo-208512via Pexels

Alkohol dan obat-obatan bisa menjadi pelarian sesaat ketika kamu tersiksa oleh pasangan. Mengonsumi alkohol dan obat-obatan secara berlebihan dapat merusak kerja otakmu sehingga kamu rentan menderita gangguan cemas hingga gangguan saraf lainnya pada otak. Jika kamu masih sayang diri sendiri, segeralah cari pertolongan apabila kamu memiliki gangguan seperti ini, ya.

4. Kamu Lebih Mudah Jatuh Sakit Setiap Harinya

thermometer-temperature-fever-flu

Content continue below...

via Pexels

Stres berat dapat mengganggu sistem imun tubuh kamu. Jika kamu masih bertahan dengan pasangan burukmu, kamu akan rentan terkena flu atau penyakit menular lainnya. Saat sakit, tubuh kamu akan berusaha melawan penyakitmu. Namun, jika tubuhmu terlalu sering bekerja melawan penyakit, kadar kortisol dalam tubuhmu dapat merusak sistem imun tubuhmu cepat atau lambat.

5. Pola Tidurmu Juga Akan Terganggu

pexels-photo-271897via Pexels

Stres bisa menyebabkan insomnia, dan kurang tidur dapat meningkatkan kadar stresmu. Tidak heran jika selama kamu bersama pasangan, pola tidurmu tidak teratur atau sering bermimpi buruk. Pola tidur yang kacau bisa merusak sistem kerja tubuh. Di sisi lain, stres juga bisa menambah jam tidurmu secara berlebihan layaknya orang dengan gangguan depresi.

6. Kematian Bisa Menjemputmu Lebih Cepat

StockSnap_6R7KCXBEEEvia Stocksnap

Pasangan memang tidak merenggut nyawamu secara langsung, Stres berkepanjangan yang disebabkan oleh siksaan pasangan dapat mengakibatkan serangan jantung. Inilah sebabnya banyak pasangan terkena penyakit jantung karena pernikahannya tidak bahagia. Siksaan lahir batin, stres berkepanjangan, dan ditambah gaya hidup kamu yang tidak sehat karena terlalu lama bertahan dengan pasangan buruk bisa mempercepat kematian kamu.

Oh ya, pelaku KDRT juga bisa terkena dampak yang sudah dijelaskan di atas, lho. Bagaimana? Apa kamu masih mau membiarkan pasangan merusak tubuhmu sedikit demi sedikit? Karena inilah kamu sangat diwajibkan menyayangi diri sendiri dan mendorong dirimu melakukan interaksi positif dengan pasangan. Bangkitlah dan berjuang demi keselamatan dirimu, karena hanya kamulah yang bisa menolong diri sendiri dan mencari pasangan yang lebih suportif, menyenangkan, dan memberimu kasih sayang yang layak kamu dapatkan.

Share Your Thoughts